Selasa, 06 Desember 2011

Dr. Yenitarosa : "Ajarkan Matematika Dari Hal Menarik"

Bagi sebagian siswa, mata pelajaran matematika adalah pelajaran yang terkadang cukup menakutkan. Hanya saja, menurut pakar matematika Riau dan juga Dosen FKIP Matematika Dr. Yenitaroza, solusi persoalan tersebut bisa diatasi, dengan menyuguhkan pelajaran matematika dari hal-hal sekitar yang lebih realistik.

"Kita ajak guru,menerapkan strategi pengajaran. Dengan memulai setiap topik matematika dengan hal yang realitas di sekitar kita. Seperti untuk pelajaran tiga dimensi atau bangun ruang. Ajak siswa melihat sisi ruang kelas yang juga memiliki konsep bangun ruang," ucap Dr. Yenitarosa. Program ini terselenggara atas kerjasama Universitas Riau dan juga PRMI yang berlangsung sejak tanggal 8 hingga 9 juni 2010.
Untuk menerapkan hal ini, maka perwakilan PRMI (Pendidikan Matematika Realitas Indonesia) Provinsi Riau pun menggelar pelatihan matematika realitas, bagi 30 guru dari 11 kabupaten kota. Dikatakan Dr. Yenitarosa, konsep yang diusung pada pelatihan ini yaitu Workshop persiapan penerapan PRMI di provinsi Riau.

"Hadir sebagai pemateri, Prof.Siti Amin, Prof.Fauzan, Dr.Thomas Hutagalung dan turut hadir dua guru yang telah dilatih oleh PRMI di Surabaya yakni ibu Yuni dan Ibu Dewi," ucap ketua Program Studi Pascasarjanan FKIP UNRI.

Program PRMI ini juga melibatkan beberapa dosen dari luar negeri yakni dari University Utrecht Belanda. Disisi lain, program ini juga telah menjajaki kerjasama dengan dua sekolah, dimana pendidikan matematika realitas telah diterapkan dalam keseharian. Yakni SD MIN 1 Pekanbaru dan SD AlFitiah.

"Dengan penerapatan ini siswa lebih senang belajar matematika, dan mereka pun jauh lebih memahami. Bahwa matematik bukan hanya sekedar rumus, tetapi bagaimana mereka memahaminya," ucap Dr. Yenitarosa

sumber: http://www.unri.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free web site traffic and promotion KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia Lifestyle Blogs - Blog Rankings